Tips Sederhana Memulai Bisnis Toko Online

Perempuan Modis - Menjamurnya Toko Online saat ini dipengaruhi oleh semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet. Dari hari ke hari jumlah pengakses internet lewat smartphone semakin bertambah. Data terakhir yang dihimpun dari dinas terkait menyebutkan lebih dari 60 juta orang indonesia setiap harinya melakukan akses internet.

Apakah anda salah satu orang yang sedang berkeinginan mengetahui Cara membuka toko online? Satu kunci yang harus anda pegang adalah, pelajari siapa pembeli anda. Pengguna internet terbesar di Indonesia berada pada usia antara 30 tahun sampai 35 tahun. Dan dari jumlah tersebut, pembeli online didominasi oleh kaum wanita. Fakta ini diungkapkan oleh Aria Rajasa, seorang praktisi E-Commerce dan M-Commerce.

Toko Online Fashion misalnya, yang saat ini paling banyak dicari dan paling laku dijual. Sementara konsumen pria, meskipun tidak terlalu banyak, biasanya mencari barang-barang elektronik, gadget, atau yang berhubungan dengan dan hobi. Dengan adanya realita ini, usaha bisnis Toko Online sangat menjanjikan sekalipun sudah banyak toko Online berdiri. Berikut ini saya mencoba memberikan tips sederhana untuk membuka usaha toko Online, semoga bisa bermanfaat.

Memulai Bisnis Toko Online

Tips Cara Memulai Bisnis Toko Online

1. Sederhana
Buatlah situs toko online yang menarik tetapi sederhana. Menarik disini bukanberarti mencolok tetapi berisi informasi-informasi penting yang dibutuhkan calon pembeli. MIsalnya Toko Online Batik, tentu kita harus memberikan gambar, informasi mengenai produk dari mulai ukuran, jenis bahan, jenis batik(sablon, cap, atau tulis), dan juga harga.

Profil toko, alamat kontak, tata cara pembelian, dan cara pemesanan juga penting. Tempatkan pada lokasi yang mudah dilihat calon pembeli sehingga tidak ragu membeli.

Mengapa saya menekankan website yang sederhana. Cobalah anda menempatkan diri sebagai calon pembeli. Tentu kita tidak mau dipusingkan dengan beraneka ragam opsional yang sebenarnya tidak kita butuhkan seperti misalnya pop-up follow twitter atau facebook yang memberatkan loading. Tempatkan follow twitter dan fanspage facebook di lokasi yang mudah dilihat dan cukup sekali klik. Anda perlu memahami produk Anda cukup baik dan mengatur letak display barang mereka pada satu sistem halaman yang masuk akal untuk pelanggan Anda.

Jika mereka tidak tahu di mana mencari produk tertentu,  bisa jadi mereka akan kesal dan dengan kata lain situs Anda termasuk situs yang kurang efektif mengkomunikasikan merek Anda.
So, pastikan miliki navigasi sederhana untuk membantu pengunjung menemukan dengan mudah produk yang mereka inginkan.


2. Berikan cara termudah untuk memesan dan membayar produk
Ini adalah hal penting dalam bisnis online, kadang-kadang pedagang memberikan banyak aturan dan regulasi pada pembeli dengan prosedur dan pembayaran online yang ribet. Faktor inilah yang kadang membuat pengunjung lari ke webstore lain. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menyediakan cara yang nyaman untuk melakuka order/pesanan di situs toko online Anda.

Misalnya hanya dibuat satu klik setelah proses order barang dan pelanggan sudah mendapatkan konfirmasi detil produk yang dipesan termasuk jumlah pembayaran yang harus dibayarkan. Berikan pilihan dalam hal metode pembayaran, misalnya Anda menyediakan beberapa rekening bank lokal atau melalui paypal. Selain itu jika Anda ingin pengunjung Anda betah melihat barang dagangan yang dipajang di toko online Anda? Berikan menu penting seperti FAQ (pertanyaan dan jawaban seputar produk Anda), informasi kontak, metode pengiriman, metode pembayaran, dan lain-lain yang secara otomatis akan memberikan kenyamanan untuk pengunjung yang akan bertransaksi dengan Anda.


3. Berikan nama yang unik dan di toko online milik Anda (branding)
Ketika Anda membuat toko online sendiri buatlah kreatif, sederhana dan unik, karena itu orang akan mengingat merek Anda dan juga situs Anda. Situs yang sederhana, lebih enteng diakses, seperti halnya toko yang mudah ditemukan atau berada di tempat strategis. Sebab mecin pencari lebih menyukai website-website dengan loading ringan. Pemberian nama toko juga harus sesuai dengan barang yang anda tawarkan.


4. Harga yang Sesuai dan tidak terlalu murah
Harga produk adalah salah satu strategi pemasaran untuk menarik pengunjung ke webstore Anda, lagi dan lagi. Anda harus memberikan harga yang realistis pada produk Anda, jika harga Anda tidak kompatibel dan mahal untuk produk yang bisa dengan mudah di dapat secara online, maka bisa jadi  pengunjung akan membatalkan pembelian di toko online milik Anda.


5. Update keterangan barang dan tambahkan produk-produk terbaru dari Anda.
Tetap update dengan produk-produk terbaru, ataupun varian produk terkait akan membuat pelanggan tetap terus membeli produk di toko online milik Anda. Berikan juga  data testimonial dari pelanggan Anda sehingga pengunjung tahu bahwa  mereka akan mendapatkan kepuasan atau jaminan terhadap produk yang akan mereka beli.


6.  Buka program afiliasi atau jaringan reseller untuk produk atau jasa yang Anda jual melalui toko online
Dari webstore Anda sendiri, Anda dapat meningkatkan omset penjualan, misalnya salah satunya dengan membuka afiliasi atau jaringan reseller. Sehingga akan banyak reseller yang menjadi tenaga pemasaran toko online Anda tanpa Anda harus mengeluarkan biaya (gaji) untuk mereka.

 Baca Juga Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

Mudah bukan? tetapi pada intinya, dalam membangun usaha apapun tentu konsisten adalah kunci utama dari memulai bisnis toko online ini. Semoga  bermanfaat artikel di atas.
Salam.


Tips Sederhana Memulai Bisnis Toko Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.