Cara Memilih Baju Batik dan Cara Merawatnya

Tips Fashion - Bagaimana Cara Memilih Baju Batik yang bagus?Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang belakangan ini menjadi tenar hingga di belahan dunia. Saat ini penggunaan batik sudah semakin meluas dan dapat dikenakan oleh semua kalangan masyarakat dan menjadi sebuah hal yang biasa berbeda dari beberapa tahun yang lalu. Batik hampir digunakan pada seluruh model busana dan aksesoris busana dan dipadukan dengan gaya busana masa kini. Dewasa ini, siapapun bisa menemukan berbagai jenis baju batik, celana batik, kemeja batik, dress batik, hingga tas atau sepatu batik.

Memilih Batik, salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk model baju apapun, mulai dari kemeja batik, kaos batik, celana batik, blus batik, dress batik, hingga tas batik dan aksesoris lainnya. Tetapi perlu diketahui saat ini banyak jenis batik yang beredar baik dari batik tulis, batik cap, hingga batik print. Ada beberapa jenis pewarna batik mulai dari pewarna batik alami hingga pewarna kimia. Dan perlakuan untuk perawatan juga berbeda jika ingin batik anda tahan lama. Dengan mengetahui detail mengenai batik serta karakteristiknya, anda akan dapat memilih pakaian berbahan dasar batik dengan lebih mudah dan dapat merawat pakaian berbahan dasar batik yang anda miliki secara lebih baik.

Jenis-jenis Batik


 Secara umum, batik dapat dibedakan menjadi dua kategori utama. Kategori batik dapat dilakukan berdasarkan motif batik serta teknik yang digunakan. Berdasarkan tekniknya, batik dapat dikategorikan menjadi batik tulis, batik celup, dan batik cetak. Sebagian besar batik yang bisa anda temukan saat ini adalah batik tulis dan batik cetak. Biasanya, batik tulis memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan batik cetak karena tingkat kesulitannya yang juga lebih tinggi. Di lain pihak, batik cetak memungkinkan produsen untuk menghasilkan kain batik dalam jumlah yang lebih besar karena proses pembuatannya yang relatif lebih cepat. Selain berdasarkan teknik pembuatan, pengklasifikasian batik juga dapat dilakukan berdasar motif batik atau daerah penghasil batik tersebut. Berdasarkan motif batiknya, batik dapat dikategorikan menjadi Batik Cuwiri, Batik Kraton, Batik Sekar Jagad, dan lain-lain. Sedangkan berdasarkan daerah penghasilnya, batik yang cukup dikenal antara lain adalah Batik Jogja, Batik Solo, Batik Pekalongan, dan lain-lain.

Cara Memilih Baju Batik


Bagaimana cara memilih pakaian batik? Pada saat membeli baju atau jenis pakaian lain yang berbahan dasar batik, hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah bahan batik yang digunakan. Secara umum, pakaian berbahan dasar batik yang memiliki kualitas bagus adalah pakaian yang menggunakan bahan batik yang bersifat halus dan kuat. Selain itu, tekstur bahan batik yang bagus juga biasanya memiliki sifat yang lemas. Khusus untuk batik cetak, pilihlah pakaian yang menggunakan bahan katun karena bahan katun dikenal akan karakteristiknya yang nyaman.

Cara Memilih Baju Batik

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih pakaian berbahan dasar batik adalah kualitas jahitannya. Pastikan pakaian tersebut memiliki jahitan yang kuat dan rapi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah motif serta warna kain batik yang digunakan. Motif kain batik pada pakaian formal biasanya berbeda dengan motif kain batik pada pakaian untuk dikenakan sehari-hari. Mengenai warna kain batik, pilihlah warna kain batik yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kain batik yang bagus juga biasanya memiliki karakteristik warna yang tidak mudah pudar. Hal terakhir yang perlu anda perhatikan pada saat memilih pakaian berbahan dasar batik adalah ukurannya. Pastikan ukuran baju tersebut sesuai dengan ukuran tubuh anda.

Cara Merawat Baju Batik


Dan cara merawat pakaian berbahan dasar batik agar pakaian tersebut tahan lama dan tidak mudah rusak yaitu  sebaiknya mencuci pakaian tersebut secara manual. Beberapa hal lainnya:
  • Hindari mencuci pakaian berbahan dasar batik dengan menggunakan mesin cuci karena hal ini akan membuat pakaian tersebut cepat rusak. 
  • Hindari menyetrika pakaian berbahan dasar batik secara langsung. Gunakan kain pelapis sehingga pakaian berbahan dasar batik tidak bersentuhan langsung dengan setrika. 
  • Ketika menjemur pakaian berbahan dasar batik, usahakan agar pakaian tidak terkena cahaya matahari secara langsung
  • Jika anda ingin merendam pakaian berbahan dasar batik, gunakanlah air hangat dan rendamlah sebentar saja. Jika noda tidak bisa hilang secara mudah, anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan noda membandel pada pakaian berbahan dasar batik
 Demikian mengenai jenis-Jenis Batik, Cara Memilih Baju Batik, dan juga cara Merawat Baju Berbahan Batik.

Cara Memilih Baju Batik dan Cara Merawatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.