Cara Membuat Jilbab Lukis Sendiri

Tips Fashion - Bagaimana Cara Membuat Jilbab Lukis? Banyaknya minat muslimah untuk memadukan gaya busana muslimah yang bervariatif memmbuat muncul kreativitas yang baru, salah satunya Jilbab Lukis. Setelah sebelumnya kita membuat tulisan tentang Cara Membuat Gantungan Jilbab Sendiri, kali ini kita akan meneruskan dengan cara melukis jilbab atau umumnya dikenal dengan sebutan Jilbab Lukis.

Membuat Jilbab lukis memamng memerlukan kreativitas dan ide untuk membuat pola. Biasanya pola yang paling disukai adalah motif bunga atau motif batik. Namun ada juga yang menyukai motif lain seperti misalnya motif tengkorak bagi yang suka dengan motif skull, atau jika anda suka dengan gaya vintage bisa membuat motif arsiran tails atau typografi. Anda tinggal sesuaikan dengan selera. Perhatikan juga perpaduan warna antara warna dasar jilbab dengan warna motif yang akan dibuat agar tampak cantik dan indah.

Lalu bagaimana cara membuat jilbab lukis? dengan bahan apa yang digunakan untuk jilbab lukis? jenis cat apa yang digunakan untuk melukis motif jilbab? nah kita akan buka semuanya disini. Berikut adalah tahapan cara untuk membuat Jilbab Lukis agar jilbab yang awalnya biasa menjadi lebih menarik, cantik, dan juga penuh seni dengan berbagai motif sesuai keinginan kita.

Cara Melukis jilbab

Cara Membuat Jilbab Lukis


Berikut langkah-langkah membuat jilbab Lukis dan bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
  • Persiapkan jilbab polos dengan berbahan kain paris, kaos atau cotton. Lebih populer yang digunakan adalah bahan paris karena lebih mudah dilukis dan juga bahannya menyerap cat lukis sehingga lukisan hasilnya kana bis awet dan tahan lama.
  • Siapkan alas penyanggah dari kayu (berbentuk kotak, segi tiga, dsb) atau bahan lainnya yang agak padat sebagai tempat menempelnya jilbab saat dilukis, agar bagian bawah kain yang terkena cat tidak langsung menempel pada kain lain atau benda lain. Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti yang digunakan untuk merentangkan kain saat menyulam. Besarnya penyangga tergantung besar pola yang akan kita buat.
  • Siapkan motif yang akan dilukis. Anda bisa mencari gambar-gambar di majalah bekas misalnya motif bunga, dll. Bisa digambar dahulu dengan pensiluntuk memudahkan dalam melukis nantinya.
  • Gunakan cat acrylic merk phoenix atau lainnya asalkan sifat cat tersebut bila kering menjadi seperti karet. Mirip seperti plastisol kalau dalam dunia sablon kain. Cat ini bsia dibeli di toko alat dan bahan sablon terdekat.
  • Siapkan juga beberapa kuas paling kecil dan air untuk pengencer cat sekaligus pembersih kuas. Besarnya kuas bergantung pada motif yang akan kita buat. Semakin detail pola yang akan kita buat, semakin kecil pula kuas yang dibutuhkan. Banyaknya kuas sebenarnya cukup 2 atau 3 namun jika ingin lebih cepat, siapkan kuas sejumlah warna yang dibutuhkan oleh pola.
  • Usahakan cat yang akan ditorehkan jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer. Jika terlalu kental maka tidak menyerap dan permukaannya tidak sama. Jika terlalu encer maka hasilnya tidak bisa timbul dan keringnya akan lama. Selain itu warnanya juga mudah pudar nantinya.
Membuat Jilbab Lukis

  • Cat yang telah di lukiskan ke jilbab terkesan timbul, dengan penebalan tertentu sesuai dengan yang diinginkan
  • Mulailah melukis sesuai dengan pola yang sudah disiapkan tadi. Nah, hasil dari lukisan ini semuanya bergantung pada kreativitas masing-masing. Bagi anda yang masih belajar menggambar pola, biasanya akan terasa sulit atau bahkan hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Namun hal ini bisa menjadi salah satu kepuasan tersendiri bagi diri sendiri jika mampu membuat jilbab lukis sendiri.
  • Keringkan hasil lukisan dengan diangin-anginkan, dan juga bisa dibantu dengan lampu. Gunakan lampu bohlam agar panas sekitar lebih tinggi suhunya. jangan dikeringkan dengan langsung terkena matahari, karena jika terlalu terkena panas matahari hasilnya akan pecah-pecah.
  • Bila telah kering, setrika dahulu permukaan dari pola tersebut secara perlahan. Dalam menyetrika lakukan dengan lapisan diatasnya. Bisa dengan melapisi permukaannya dengan kain kaos atau bagian jilbab yang tidak terlukis. Jangan menyetrika langsung di atas pola lukisan karena akan menyebabkan lukisan jadi rusak.
Nah, sekedar tips bagi yang ingin mencoba, jangan pernah takut hasil lukisan akan meleber atau salah coret, karena bila cat kering hasilnya akan terkesan abstrak dan indah seperti seolah memang disengaja. Jika menggambar objek, usahakan beri kesan terang atau tiga demensi dengan cara pertebal dan diperterang dengan warna yang lebih muda pada bagian-bagian tertentu agar terkesan tiga dimensi.

Jika hasil lukisan anda bagus dan banyak yang menyukai, mungkin ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis hijab lukis. Untuk rips memulai jualan hijab, anda bisa membaca Cara Memulai Bisnis Jilbab

Demikian cara melukis jilbab sendiri yang bisa anda coba di rumah. Jangan ragu untuk mencoba. Jika untuk percobaan anda bisa menggunakan kain-kain bekas atau jilbab lama yang sudah tidak terpakai untuk latihan membuat motif atau pola. Semoga proses membuat jilbab lukis ini bermanfaat bagi anda. Salam.

Cara Membuat Jilbab Lukis Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.