Cara Membuat Kalung Manik dan Rantai

Tips Fashion - Bagaimana cara membuat Kalung Sendiri? Kalung adalah salah satu aksesoris wanita yang tidak bisa lepas untuk dipadu padankan. Kalung yang semakin bervariasi menimbulkan inspirasi dan kreasi untuk wanita. Namun, kadang kalung yang beredar di pasaran tidak sesuai dengan selera tiap orang.

Membuat kalung sendiri memang susah-susah gampang tergantungkreativitas masing-masing.  Untuk itu terkadang kita menginginkan kalung yang sesuai dengan keinginan kita agar tetap terlihat gaya modis. Nah, kali ini kita akan coba membuat kalung sendiri dengan beberapa bahan sederhana seperti aksesoris rantai atau manik-manik.

Berikut dua cara yang akankita bagikan, yaitu Membuat Kalung manik-manik dan Membuat Kalung rantai. Semoga bisa emmberi inspirasi bagi anda.

Cara Membuat Kalung Sendiri


Berikut dua cara membuat kalung Manik-manik yang sederhana dan bisa disesuaikan untuk fashion Anda masing-masing.

1. Cara Membuat Kalung Manik-Manik

Cara Membuat Kalung

Dalam membuat kalung manik-manik da beberapa bahan yang jharus dipersiapkan, dantaranya:
  • manik-manik ukuran kecil (bisa dibeli di toko aksesoris jahit)
  • tali kenur (kalau sulit mendapatkan kenur, bisa membeli di toko pancing)
  • gunting
  • jarum tangan (cari yang ukurannya bisa masuk di lubang manik-manik
  • pinset
  • rantai dan kunci rantai (ini juga dibeli di toko aksesoris jahit)
  • bead tips

Berikut langkah-langkah dalam membuat Membuat Kalung Manik-manik Sendiri:

Cara Membuat Kalung manik-manik


1. Langkah pertama, potong tali kenur sepanjang 40 cm sebanyak 9 helai, lalu masukkan manik-manik ke dalam tali kenur dengan bantuan jarum. Isi manik-manik sepanjang sepanjang 30 cm sehingga masih ada sisa sekitar 10cm meter yang tidak terisi manik-manik
2. Kemudian, pisahkan menjadi 3 bagian, ikan simpul dengan menggunakan bead tips di setiap ujungnya lalu jadikan satu dengan menggunakan kunci rantai.
3. Setelah kita memiliki 3 bagian atau tiga helai manik-manik yang sudah tersusun, kemudian buat kepang.
4. Bila dirasa kalung masih kurang panjang, bisa ditambahkan dengan rantai external di belakangnya.

2. Cara Membuat Kalung Rantai

Cara Membuat Kalung

Untuk kalung yang kedua dengan bahan rantai aksesoris yang biasanya dipakai pada tas atau dompet. Bahan dan alat yang dibtuuhkan dalam membuat kalung kali ini adalah :
Bahan :
  • - Seuntai rantai panjang 80cm, atau bisa juga kita gunakan 2 variasi jenis rantai yang berbeda masing-masing sepanjang 40 cm. Pilih yang mata rantainya besar agar muat diselipin tali.
  • - tali suede panjang 1.5 – 2meter
  • - kaitan udang/lobster claps (bisa dibeli di toko aksesoris jahit)
  • - ring(pilih ring yangw arnanya sama dengan warna rantai
Sementara untuk peralatannya cukup menggunakan gunting dan tang pipih atau lebih dikenal dengan istilah flat nose plier

Berikut Cara Membuat kalung Sendiri dengan bahan Rantai :
1. Selipkan tali suede pada mata rantai pertama, pastikan tali suede terbagi dua sama panjang. Agar kuat, lilit dua kali pada bagian paling ujung, mengikat kedua sisi rantai tadi.
2. Selipkan ujung tali kanan ke mata rantai sebelah kiri, sementara ujung tali kiri ke mata rantai kanan.
3. Lakukan terus menerus, saling silang, seperti tampak pada gambar di atas ini. Kalau tali yang kita gunakan berukuran lebih tebal, misal satu ikat benang wool, maka bagian tali yang saling menyilang ini akan berbentuk kepang ekor kuda yang cantik.
Pada langkah ini pastikan bahwa posisi mata rantai sejajar, sebaiknya jepit di atas telapak tangan speerti posisi gambar diatas, ini akan memudahkan kita untuk memastikan posisi mata rantai sudah tepat.
4. Saat kita sudah sampai pada bagian mata rantai yang paling ujung, lakukan simpul mati dengan cara membuat ikatan seperti tampak pada gambar. Apabila tali suede masih tersisa, kita bisa menjadikannya sebagai aksen kalung dengan menambahkan liasan, liontin ataupun manik2 pada ujung tali suede, atau memilih cara kedua memotong sisa tali dengan bantuan gunting.
5. Kita cukup menambahkan ring dan kaitan udang di kedua sisi kalung, dan kalung retro cantikpun sudah siap melengkapi penampilan kita sehari-hari.

Nah, mudah kan? anda bisa kreasikan sendiri dengan bahan lain yang bisa anda padu padankan dengan aksesoris lain ketika anda membeli di toko jahit. Sebab biasanya di toko banyak sekali model manik-manik dan ornamen lain yang cantik-cantik.
 Demikian dua Cara membuat Kalung handmade di atas ang bisa anda coba di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Untuk hasil kreasi tergantung dari selera masing-masing baik warna maupun ornamen yang akan ditambahkan. Salam

Cara Membuat Kalung Manik dan Rantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara
Diberdayakan oleh Blogger.