Cara Membuat Hiasan Dinding dari Barang Bekas

Tips Fashion - Bosan dengan dinding kamar Anda? Yuk, hias dinding kamar dengan kreasi barang bekas dan sederhana ini. Kamar merupakan salah satu tempat privasi yang bisa Anda atur sendiri seberapa nyaman dan bias seberapa betahkah Anda di dalamnya. Namun, ada kalanya Anda sendiri bosan dengan cat dinding yang sudah berwarna-warni karena tidak ada hiasan yang menarik. Kini, saatnya Anda ambil barang-barang bekas di rumah dan hiasi dinding kamar Anda agar terlihat lebih cantik dan menarik serta tidak membosankan. inilah beberapa cara membuat hiasan dinding kamar sebagai penghias ruangan.

Membuat Hiasan dinding tidak melulu harus pigura atau lukisan, atau tidak perlu juga gantungan yang mahal. Kini, Anda dapat memanfaatkan barang bekas di rumah Anda berkat kreativitas anda masing-masing dengan tambahan beberapa bahan sederhana dan ketelitian, maka Anda sudah bisa menyulap dinding polos menjadi cantik yang dihiasi ornamen cantik yang berasal dari barang bekas di rumah anda. Berikut beberapa inspirasi membuat hiasan dari barang bekas, mulai dari kardus bekas, kaset cd bekas, atau jika rumah anda termasuk langganan koran, tentu banyak koran bekas tak terpakai bisa juga kita manfaatkan.

Memanfaatkan Barang Bekas Sebagai Hiasan




1.Kilau cahaya compact disk
Kini, compact disk atau CD adalah barang yang tidak lagi banyak digunakan. Tidak jarang Anda akan punya bertumpuk-tumpuk CD bekas di gudang. Barang ini bisa Anda manfaatkan untuk menghiasi dinding kamar.
Anda hanya cukup menempelkan CD di dinding dengan menggunakan lem alteco atau powerglue. Tapi pastikan Anda sudah membuat pola tulisan di dinding agar tatanan CD tidak berantakan. Anda bisa memanfaatkan CD ini untuk menulis nama atau tanggal penting. Ini adalah cara mudah membuat malam di kamar lebih asik, karena lapisan film CD akan memantulkan kilau cahaya dengan berbagai gradasi warna.

cara Memanfaatkan Barang Bekas


2.Bunga dari kekasih
Sebagian besar bunga pemberian kekasih seringkali hanya Anda biarkan di kamar sampai kering dan berakhir di tempat sampah. Daripada layu, maka mulai sekarang tak ada salahnya Anda coba mengawetkan semua kenangan dengan menempelkannya di dinding kamar.

Caranya mudah saja, Anda hanya perlu merentangkan setiap tangkai bunga di dinding kamar, dan menatanya rapi dengan selotip transparan. Tempelkan setiap tangkai agar “berbaris” seperti tirai yang menempel. Selain untuk mengenang pemberian orang, Anda akan merasakan suasana asri dengan kehadiran hiasan dinding semacam ini. Namun jika Anda ingin bunga tidak menjadi layu, maka Anda bisa membeli bunga imitasi yang berukuran panjang dan tidak banyak daun, misalnya bunga anggrek.


3.Rangkaian bunga dari karton tisu
Tisu toilet adalah salah satu benda yang sering Anda gunakan. Itu artinya Anda juga punya karton bekas yang tidak sedikit jumlahnya. Tisu bekas yang selama ini Anda sia-siakan sebenarnya bisa Anda jadikan hiasan kamar yang elegan. Caranya cukup gampang, pertama-tama potong karton agar menjadi lebih tipis. Lalu, rangkai terlebih dahulu dengan lem atau selotip bolak-balik agar membentuk pola yang Anda inginkan, misalnya bunga. Setelah itu, oleskan cat pada permukaannya agar warna benda ini menjadi lebih cerah.  Kemudian pasang di dinding menggunakan paku ukuran kecil agar tidak mudah jatuh.

4.Bunga sakura dari kertas kue
Seni hiasan dinding memang sangatlah banyak. Salah satu yang paling mudah dan kreatif adalah memanfaatkan kertas pembungkus kue, kertas tutup gelas, dan kertas wadah makanan. Kertas ini bisa Anda buat menjadi seperti bunga-bungaan yang muncul ditembok polos. Semua orang pasti bisa melakukannya, karena Anda hanya cukup menempelkan kertas-kertas ini di dinding dengan paku payung warna warni. Jika sulit untuk mendapatkan paku payung yang berwarna cerah, manfaatkan saja cat kuku untuk mewarnai kertas-kertas Anda . Tak perlu ragu mencoba teknik ini, karena selain mudah, bahan yang Anda butuhkan juga murah!

cara Memanfaatkan Barang Bekas


5.Pajang foto tanpa pigura
Foto adalah benda yang sering mengisi bagian di dinding rumah. Sering juga Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli figura. Sekarang saatnya Anda simpan uang Anda, dan pasang foto Anda dengan cantik hanya menggunakan pola. Siapkan beberapa foto favorit yang akan Anda pajang. Lalu, bentuklah pola kasar di dinding — misalnya bentuk hati. Kemudian, pasang foto favorit sesuai pola yang sudah Anda buat. Tanpa perlu banyak uang, memasang foto seperti ini juga akan menarik perhatian.

6.Suasana romantis dengan lilin gantung
 Ingin membuat suasan jadi romantis? Membuat suasana yang romantis dengan menggunakan lilin memang bukan hal yang asing. Tapi terlalu mainstream ketika Anda sekadar menyalakan lilin di atas meja.
Jika Anda ingin membuat suasana yang berbeda, maka tidak ada salahnya mencoba memasang lilin di tembok Anda dengan menggunakan kaleng bekas. Anda bisa memanfaatkan semisal kaleng bekas kornet.
Pertama, cuci bersih kaleng yang akan Anda gunakan, lalu siapkan kertas kado untuk melapisi bagian luar kaleng agar terlihat lebih menarik. Setelah itu, ikat setiap kaleng dengan tali dan gantungkan di hanger yang berbahan kuat. Jangan gunakan hanger yang berbahan besi, karena hanger jenis ini sangat mudah patah atau melengkung. Setelah itu, pasang setiap kaleng pada posisi yang berbeda. Lalu masukan lilin yang ada wadahnya pada masing-masing kaleng.

8. Ramaikan dinding kamar dengan majalah bekas
Hiasan dinding dari barang bekas juga bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan majalah bekas. Majalah edisi lama memang selalu menjadi sampah kertas yang memenuhi isi rak. Sekarang tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kertas majalah menjadi hiasan dinding yang tak kalah indah dengan ukiran. Caranya sangat mudah untuk diapliaksikan. Pertama, lipatkan kertas majalah membentuk kipas. Lalu satukan masing-masing kipas agar hingga membentuk lingkaran. Tapi pastikan tempelan antar kipas jangan terlalu renggang. Lalu tempelkan pada dinding menggunakan lem. Atau jika Anda ingin memberikan kesan saling tindih, maka pasang menggunakan paku. Buatlah beberapa jenis ukuran agar tampak lebih indah saat dipasang bersama-sama.

9.Botol kaca gantung
Satu lagi hiasan dinding yang patut Anda coba untuk membuat suasana baru, yaitu dengan memanfaatkan botol kaca untuk menanam. Pertama-tama, Anda cuci bersih botol yang akan digunakan. Lalu pasang setiap botol menggunakan pengait dan sekrup pada papan kayu agar lebih kuat. Anda bisa mendapatkan bahan tersebut di toko bangunan. setelah itu, Anda tinggal mengisi botol dengan tanah gambut dan tanami semisal bunga Torenia atau tanaman kecil yang mudah tumbuh. Setelah beberapa waktu, biarkan ia berbunga indah di dinding rumah Anda.

10.Benang berpola di dinding kamar
 Hiasan dinding selain foto dan jam dinding, mungkin Anda akan lebih memilih lukisan. Daripada Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli lukisan, coba saja untuk membuat karya yang tidak kalah indahnya dengan lukisan mahal. Anda hanya perlu benang, jarum dan papan kayu untuk membuatnya. Awalnya hal yang Anda perlu siapkan adalah papan kayu, gabus atau steroform. Lalu cat dengan warna sesuai kesukaan Anda. Setelah itu, buatlah pola dengan menggunakan jarum.

Namun jika kayu yang Anda gunakan cukup tebal, pakailah paku. Setelah itu siapkan benang dengan warna kontras, lalu ikat pada salah satu jarum. Untuk membuat hiasan, Anda bisa menarik benang ke segala arah hubungan pada setiap jarum yang ada pada pola. Lakukan secara berulang-ulang dengan tidak beraturan. Setelah sudah cukup tebal, kuncilah ujung benang dengan mengikatnya. Pastian tarikannya cukup kencang agar hiasan benang Anda  juga lebih rapi untuk dipandang.

cara Memanfaatkan Barang Bekas

Anda juga bsia mencoba membuat dari barang bekas lainnya selain untuk dinding, misalnya membuat kalung manik-manik, atau membuat bros dari bekas resleting, dan kreasi handmade lainnya.
 Cara Membuat Hiasan Dinding dari Barang Bekas juga bisa sebagai tambahan kegiatan Anda mengisi waktu luang, selain bisa mengurangi barang-barang yang tidak terpakai di rumah, menjadikan dinding polos Anda cantik. Anda juga bisa menambahkan ide-ide unik lainnya yang dikolaborasikan dengan cara-cara di atas.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Barang Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara
Diberdayakan oleh Blogger.