Tips Memilih Peplum Untuk Wanita Berjilbab

Tips Fashion - Banyak orang mencari Tips Memilih Peplum. Apa itu Peplum? Peplum adalah model baju dalam dunia fashion yang berciri kain yang berlebih, berkembang atau bertumpuk di sekitar pinggang.  Bisa berbentuk jaket, kemeja, gaun atau rok.  Trend baju model ini cenderung digemari orang karena terlihat lebih dinamis dan para desainer lebih kreatif dalam mengembangkan ide-ide baru.

Busana muslim di Indonesia beberapa tahun belakangan menunjukkan angka peningkatan yang tinggi. Model busana muslimah pun tidak ada matinya. Model busana muslim juga bisa dimodifikasi sesuai kreasi masing-masing.

Salah satu pakaian muslimah yang dikreasikan dari model baju umum adalah baju atasan model peplum. Banyak muslimah kini yang memilih baju model peplum dress sebagai atasan. Model peplum adalah baju atasan yang mirip mini dress dengan detail rok mengembang mulai dari pinggang. Model peplum dress ini sempat booming di tahun 80-an dan baru-baru ini mulai banyak dipilih lagi dengan modifikasi untuk busana muslimah.

Peplum sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya adalah tunik. Ciri khas dari baju model peplum adalah model menyempit di bagian pinggang. Seperti setelan baju dan rok namun sangat pendek sehingga gerai rok mulai dari bawah dada hingga ke bawah dan hanya merupakan atasa saja.

Memilih Model Baju Peplum

peplum dress

Kini, model peplum berkembang dan bervariasi tak hanya untuk orang dengan bentuk badan tertentu. Seperti misalnya peplum untuk orang gemuk, peplum lengan panjang bagui yang berhijab, hingga peplum batik yang kin berbagai motif yang sangat bervariatif. Semua orang dapat mengenakannya, tergantung padu padannya. Selain menyesuaikan bentuk badan, kita juga harus tahu penggunaannya dalam urusan keperluan bepergian. Acara santai, formal, atau acara keluarga, model setelan peplumnya tentu perlu disesuaikan.

Baju model peplum dapat memberi kesan berisi pada badan, karena detail gelembung atau roknya. Biasanya, atasan peplum ini diserasikan dengan rok span, rok A-line atau celana. Anda yang ingin memakai atasan peplum ini sebagai dress muslim bisa memadukannya dengan rok berwarna senada. Akan lebih serasi lagi jika Anda memadukan atasan model peplum polos dengan rok motif untuk mempertegas bentuk peplum.

Atasan model peplum ini sangatlah fleksibel, karena dapat dipakai dalam suasana formal dan santai. Untuk acara formal, pilih model peplum yang bernuansa formal. Pilih bahan yang agak tebal sehingga terkesan rapi saat dipakai.

Untuk suasana santai, pilih dress peplum dengan bahan kaus atau jersey supaya lebih santai. Berikan sentuhan belt yang menarik sebagai tambahan dan kreasi.

Atasan peplum ini umumnya tidak bermotif atau polos dengan warna-warna yang cerah atau salem. Daya tarik dari atasan peplum adalah pada gelembung/lipit-lipit di pinggangnya.

peplum dress

Detail pada lengan terutama pada bagian pergelangan tangan juga perlu diperhatikan. Pakailah gelang atau jam tangan sebagai pengisi pergelangan tangan.

Untuk hijab, Anda bisa memadukan atasan peplum ini dengan hijab apa saja. Anda bisa mengenakan hijab pashmina dengan warna yang kontras. Hijab segiempat juga dapat digunakan untuk model busana muslimah ini. Kenakan hijab segi empat dengan model turkish style. Hijab yang terlalu panjang akan menutupi detail peplum.
Pilih warna hijab yang sesuai dengan warna kulit Anda. Warna hijab dapat disesuaikan dengan rok atau bawahan lain yang Anda kenakan.

peplum dress


Berikut  Tips Memilih Model Peplum Dress

 1. Untuk Anda yang mempunyai potongan pinggul besar disarankan memakai potongan peplum yang menutup penuh pinggul.

2. Jika Anda berperut buncit, disarankan memakai potongan peplum labuh (menutup pinggul) dan pakai belt sederhana yang agak besar. Jangan memakai peplum pendek paras punggung.

3. Jika Anda berbadan yang gempal/besar, potongan peplum yang sesuai dengan adalah potongan peplum bawah punggung. Pilihlah warna gelap seperti hitam, coklat  dan biru gelap. Hindari peplum bercorak melintang karena akan membuat anda tampak lebar. Pilih peplum polos dan serasikan peplum bersama bawahan lurus (span). Selaraskan penampilan dengan hijab bercorak dengan warna senada.

4. Material kain adalah elemen yang sangat penting dalam pemilihan peplum. Karena ada beberapa peplum yang berkain tipis, yang akan memperlihatkan bentuk badan apabila Anda memakainya.Disarankan untuk berhijab, memakai peplum dengan bahan kain yang tebal.

5. Peplum cocok dipadankan dengan rok, jeans ataupun maxi dress tanpa. Untuk pemilihan rok sebaiknya potongan sederhana dan lurus. Hindari pemilihan rok yang berenda

6. Lengkapkan penampilan fashion peplum Anda dengan menggenakan tali pinggang (belt) yang sesuai dengan potongan tubuh Anda.

Bila anda butuh rekomendasi Model Dress Muslimah berhijab terbaru, anda bisa membaca di Model Dress Untuk Hijab Terbaru

Itulah beberapa ulasan mengenai baju atasan peplum dan tips memilih potongan peplum untuk hijab. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang mencari inspirasi gaya busana Peplum. Salam.

Tips Memilih Peplum Untuk Wanita Berjilbab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara
Diberdayakan oleh Blogger.