Cara Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu

Tips Fashion - Bagaimana Cara Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Indonesia identik dengan batik,dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik masing-masing. Banyak orang dari dalam maupun luar negeri berburu batik, dan yang paling digemari adalah batik tulis. Selain karena proses pembuatannya yang membuat batik tulis menarik, biasanya batik tulis juga memiliki estetika yang berbeda dari batik cap atau batik cetak. Proses pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup lama. Diperlukan keterampilan khusus, kecermatan, ketelitian dan kesabaran dalam membuat batik tulis hingga menjadi sebuah karya seni yang begitu indah dan menawan. Alasan inilah yang membuat harga batik tulis lumayan mahal.

Hanya saja, ada sebagian para produsen batik justru mengambil jalan pintas dengan alasan agar mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan tapi tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga dalam pembuatannya. Hingga bermunculanlah batik tulis palsu atau batik tiruan. Biasanya cara membuat batik ini dilakukan dengan cara print sehingga cepat dan mudah.

Selain itu, ada juga yang mensiasatinya dengan menggunakan dasar tekstil bermotif batik sehingga menghasilkan kain mirip batik tulis padahal sebenarnya bukan batik tulis asli. Tidak tanggung, harga yang ditawarkan merekapun tentu bisa lebih murah dibandingkan harga batik tulis asli yang cenderung lebih mahal.
Dan lagi, yang lebih parahnya ada sebagian produsen yang sengaja memberikan harga mahal layaknya batik tulis asli dengan mengatakan bahwa produknya adalah batik tulis asli. Ini tentu akan memberikan kerugian yang berkali lipat bagi konsumen.

Orang awam tentu tidak begitu bisa membedakan mana batik tulis asli dan mana yang tidak. Karena itu, beberapa kiat berikut bisa Anda gunakan untuk melihat apakah batik yang Anda beli adalah batik tulis asli atau tidak.

Cara Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu

Cara Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu


1. Perhatikan Bahan & Warna
Jika Anda mau meneliti, batik tulis asli memiliki hasil pewarnaan sempurna, pengrajin atau produsen biasanya menggunakan serat kain alami seperti sutra atau katun untuk membuat batik. Sehingga pewarnaannya pun tidak akan mengurangi kualitas kain.

Sementara, batik tulis palsu biasanya menggunakan bahan seperti polyester dan hasilnyapun sedikit kaku karena pewarna atau tinta yang meresap ke dalam celah-celah benang kain. Dari segi warna, batik asli terkesan lebih natural, kuat dan solid. Sementara batik tiruan biasanya memiliki warna lebih mengkilap dan terang.

2. Perbedaan Permukaan
Apabla Anda meraba, batik asli biasanya permukaannya sedikit timbul di setiap bagian corak atau motif karena menggunakan lilin untuk membuatnya. Sementara batik palsu sama sekali tidak terdapat perbedaan atau timbul dibagian corak dan motifnya. Hal ini dikarenakan pada batik tulis palsu menggunakan metode print, sehingga corak meresap dan menyatu dengan sempurna dengan kain seperti halnya Anda print tulisan diatas kertas.

3. Harga yang Jauh Lebih Murah
Sebagian besar penjual batik palsu biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan batik tulis asli. Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk menimbulkan minat konsumen dalam membelinya. Pada kenyataannya, konsumen memang mudah tergiur dengan harga yang murah. Maka, Anda juga harus memahami bahwa ada harga, ada rupa.

4. Motif atau corak yang Sangat Sempurna
Karena benar-benar menggunakan tangan langsung, maka tidak jarang terdapat kesalahan pada batik tulis asli seperti motifnya yang tidak persis sama meskipun sama-sama gambar bunga atau pun ada beberapa bagian yang terputus-putus. Lilin yang digunakan untuk melukis batik juga tidak mustahil tumpah ataupun berlebih di beberapa bagian.

Sementara pada batik tulis tiruan, motif dan coraknya tidak ada perbedaan atau bahkan tidak dapat kesalahan sedikitpun dalam membuat motif dan coraknya. Hal ini karena batik palsu tersebut dibuat oleh mesin atau tidak dibuat tangan langsung dan telah dirancang dulu di komputer ataupun program desainnya.
Maka, apabila Anda menemukan batik yang memiliki motif dan corak yang sempurna, ada baiknya Anda teliti lebih jauh. Bukannya bagus, melainkan batik dengan motif dan corak sempurna tersebut bisa saja batik tulis palsu. 

Jika memang Anda menyukai batik tulis asli, Anda tentu akan lebih teliti dalam membeli. Pross pembuatan batik tulis asli yang sangat memakan waktu dan juga butuh keahlian dan tenaga, itulah yang membuat harga batik tulis mahal. Maka, Anda jangan kaget jika memang benar-benar batik tulis asli, harganya bisa sangat mahal apalagi jika motifnya sulit. Sekarang, Anda bisa lebih meneliti sebelum membeli batik tulis.

Cara Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara
Diberdayakan oleh Blogger.