Mengenal Jenis Bahan Pada Pakaian Toko Online

PerempuanModis - Apa saja Jenis Bahan pada Pakaian Online? Bagi fashionista pencinta belanja online, pasti sering bertanya, baju yang ada di foto bahan apa? Pencinta fashion yang suka berpenampilan cantik tentu mempertimbangkan beberapa hal  sebelum memutuskan belanja baju. Model adalah hal pertama, lalu ukuran dan pilihan warna. Namun selain model dan pilihan warna serta ukuran, hal lain yang tak kalah penting untuk menjadi bahan pertimbangan yaitu jenis bahan.

Ciri-ciri bahan Pakaian pada pakaian yang dijual di online memang beragam, mulai dari yang murah sampai yang mahal. nah kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis bahan dalam pakaian yang biasa di jual dalam busanan toko online 

Jenis-jenis Bahan Pakaian Wanita


 Berikut adalah keterangan singkat nama nama bahan kain baju yang sering dittemui dalam dunia belanja online.


1. Katun

Cotton atau katun artinya kapas. Bahan katun terbuat dari serat kapas alami. Bahannya cenderung ringan dan nyaman dipakai. Teksturnya pun halus, lembut tapi kuat dan tahan lama. Selain untuk pakaian, bahannya ini juga dapat digunakan sebagai bahan sprei dan pakaian dalam. Perawatan mudah. Karena tidak perlu melakukan perawatan khusus.






2. Katun Rayon

Katun Rayon memiliki tekstur sedikit licin dan ‘jatuh’. Bahan terasa ‘adem’ dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di berbagai kondisi cuaca. Tetapi, katun rayon juga mudah kusut. Harus disetrika terlebih dulu sebelum memakainya.







3. Katun Bangkok

Tekstur Katun Bangkok agak kasar, lebih tipis dari katun biasa sehingga terkadang ada beberapa jenis katun bangkok yang transparan (tembus pandang). Biasanya banyak dibuat menjadi kemeja atau jenis blouse lainnya.   







4. Katun Silk

Katun Silk yakni bahan dengan kombinasi. Bahannya seperti campuran katun dan sutra. Bahannya ringan dengan tekstur licin khas sutra. Juga nyaman dipakai. Halus tetapi kuat. Campuran sutranya membuat bahan ini terlihat elegan dan lembut ketika dipakai tetapi katun yang terkandung di dalamnya membuat bahan ini kuat dan tahan lama apabila diperlakukan dengan tepat.






5. Silk atau Sutra 

Bahan sutra dibuat dari kepompong ulat sutra yang kemudian dipintal menjadi benang sutra. Sutra sangat nyaman dikenakan karena bahannya sangat ringan, lembut dan indah. Meski begitu, sutra merupakan bahan yang sangat kuat. Karena terbuat dari serat alami, kain sutra juga tidak menimbulkan alergi pada siapa pun yang memakainya. Walaupun berkilau dan licin, sutra memiliki daya serap yang baik. Di Indonesia, bahan sutra juga banyak digunakan untuk pembuatan baju batik. Bahan sutra akan menambah nilai kemewahan dan keanggunan pada batik khas Indonesia.



6. Spandek 

Bahan spandek adalah bahan kaos lembut, terbuat dari serat sintetis yang elastis. Walaupun terbuat dari serat sintetis, bahan spandek sangat adem dan berdaya derap tinggi. Berbagai keunggulan bahan spandek tersebut membuatnya sangat cocok untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Akan tetapi, jika Anda mengenakan hijab perlu sedikit berhati-hati ketika memakai baju dari bahan spandek. Karena tak  seperti bahan kaos pada umumnya, spandek yang diciptakan tahun 1959 ini tipis, ringan tetapi tidak menerawang. Sebaiknya pilihlah model yang lebar atau longgar karena bahan spandek menempel mengikuti lekuk tubuh atau memperlihatkan garis pakaian dalam Anda.


7. Spandek Rayon

Bahan ini merupakan campuran antara bahan spandek dan katun rayon. Walaupun bahan ini tetap bisa melar bahan ini tak selastis bahan spandek. Campuran katun rayon dalam bahan ini membuatnya adem atau dingin ketika dikenakan. Sebaiknya cuci menggunakan tangan saja agar teksturnya tetap halus dan tidak mudah rusak.







8. Spandek Kaos

Tidak hanya dengan Rayon, spandek spandek juga bisa dicampur dengan bahan kaos. Oleh karena bahan dasar kaos adalah katun, campuran spandek dan kaos akan mengurangi elastisitas spandex. Spandek kaos akan nyaman digunakan sehari-hari meski teksturnya tidak sehalus spandek atau spandek rayon.







9. Spandek Lycra

Lycra adalah nama untuk bahan spandek. Namun dalam bahasan kali ini lycra yang dimaksud adalah bahan spandek yang memiliki tekstur licin dan bisa digunakan untuk pakaian senam atau pakaian olahraga wanita lain. Banyak online shop menyebut bahan ini sebagai bahan spandek korea. Teksturnya memang halus, licin dengan tampilan sedikit berkilau seperti satin. Kurang menyerap keringat tetapi bahannya ringan dan jatuh sehingga sangat baik dalam mempertahankan bentuk dari desain bajunya.



10. Jersey

Untuk bahan satu ini, agar jatuhnya enak dan terlihat bagus melekat di lekuk tubuh, pilih yang bahannya agak berat. Satu ukuran lebih besar akan menghindari kesan pakaian melekat ketat yang tidak enak dilihat. Bahan ini biasanya dipakai pada seragam sepak bola. Jersey terkenal adem dan lentur.






11. Denim

Tidak ada yang asing, bahkan semua orang suka pada jenis bahan satu ini. Denim alias bahan jeans, dicintai semua kalangan. Namun ada pula bahan yang juga dinamai denim berupa kain tipis berwarna mirip jeans. Seratnya lebih lentur daripada jeans. Semakin gelap warnanya, semakin mudah mencari padanannya. Selain itu juga denim yang berwarna gelap akan terlihat lebih rapi dan formal.






Demikian informasi mengenai Jenis Bahan Pakaian di Toko Online yang bisa kami paparkan. Semoga bermanfaat untuk Anda

Mengenal Jenis Bahan Pada Pakaian Toko Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Perempuan Modis
Diberdayakan oleh Blogger.