Perbedaan Kain Jersey dengan Kain Spandek (Spandex)

Tips Fashion - Apa bedanya Kain Jersey dengan Kain Spandek? Berhijab saat ini memanKain jersey dan kain spandek (spandex) adalah dua jenis kain yang sering digunakan untuk bahan baku membuat pakaian. Dua jenis kain tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kain jenis ini sangat nyaman digunakan ketika telah dijahit menjadi baju atau pakaian.

Perbedaan Kain jersey dan kain spandek sebenarnya secara kasat mata mungkin mempunyai kemiripan yang jika tidak dicermati akan terasa sama saja. Kualitas dari keduanya sebenarnya berbeda dan juga harga kainnya pun berbeda. Maka dari itu jangan sampai kalian salah membeli kain yang sebenarnya kalian inginkan. Untuk mengantisipasi kekeliruan karena tidak tahu letak perbedaanya, artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan kain jersey dan kain spandek (spandex).

 Perbedaan Kain Jersey dengan Kain Spandek (Spandex)

Bedanya kain jersey dan kain spandek


Bahan jersey adalah kain bahan rajutan dari serat spandek, bahan katun dan serat bambu, yaitu dari dua perpaduan serat spandek yang memiliki tingkat kelenturan (strechy) tinggi dan juga rayon yang memiliki karakteristik benang, dapat sedikit menyerap panas, dan juga benang dari serat bambu yang ringan. Satu fakta lainnya, yaitu bahan jersey juga biasanya dikombinasi rajutnya dengan spandek, katun, bahkan polyster. Untuk polyster yang dicampurkan dengan bahan jersey akan memengaruhi tampilan dari kainnya, kain akan terasa tidak pernah kusut dan agak mengkilap.

Hasil dari pakaian atau produk-produk dari bahan dasr kain jersey biasanya rok atau bawahan, kaos sepakbola, bahkan di era sekarang sudah pesat digunakan untuk bahan hijab, busana muslim, dll. Bahan jersey nyaman digunakan di semua kalangan. Mudah jatuh dan tidak mudah kusut menjadi sifat atau karakter dari bahan jersey ini. Selain itu juga bahannya yang lentur, elastis, dan menempel di kulit. Kain ini sedikit mengkilap, melar, halus,kurang menyerap keringat dan juga lembut.

Bahan Spandek adalah serat sintetis, bukan individu menjadi kain /bahan, tetapi harus digabungkan dengan serat lain, bisa dengan bahan sintesis seperti poliester ataupun dengan katun. Benang spandek biasanya digunakan misalkan untuk bagian atas kaos kaki, atau benang elastis untuk membuat gelang. Tidak terlalu tebal, ringan, dan elastis sehingga mengikuti bentuk tubuh adalah beberapa karakteristik dari bahan spandek ini. biasanya bahan ini dimanfaatkan untuk busana senan atau seragam olahraga. Sekarang semakin pesat dengan adanya busana muslim dan juga jilbab-jilbab instan yang terbuat dari bahan ini.

Banyak orang yang salah mengenai penyebutan bahan spandex. Biasanya spandek (lycra) biasanya disatukan atau dicampur dengan bahan-bahan pakaian lain, itu karena kandungan hanya beberapa persen saja. Penyebutan kain spandek sudah dimaklumi di kalangan karena memang sudah terbiasa diucapkan dan dianggap seperti itu.

Bedanya kain jersey dan kain spandek (spandex) :

Ada beberapa aspek yang bisa diketahui untuk menentukan perbedan keuda bahan ini. Perbedaan kain jersey dan spandek secara umum yaitu :
  •  Dari segi ketebalan, lebih tebal kain jersey daripada bahan spandex, maka dari itu banyak yang menggunakan bahan jersey untuk gamis, rok / bawahan, jilbab, dll. Untuk bahan spandek banyak digunakan untuk jilbab instan saja.
  • Dari segi bahan kain, bahan spandek lebih ringan daripada bahan kain jersey. Untuk itu, banyak bahan spanduk yang dibuat menjadi hijab instan. Dan untuk gamis dan jilbab jumbo atau syar’i lebih sering menggunakan bahan kain jersey.
  • Dari segi sifat jatuhnya, kain jersey lebih berat, berbeda dengan spandek yang ringan dan akan mengikuti bentuk tubuh elastis. Semua tergantung pada masing-masing individu, mereka yang hijabers sering menggunakan bahan yang ringan (kenyamanan) jadi lebih menggunakan bahan spandek, sedangkan untuk memakai baju syar’i lebih banyak menggunakan kain bahan jersey.
  • Dari segi harga, bahan jersey lebih mahal daripada bahan spandek. Itu akan nampak jika kalian membeli gamis atau produk lain dari bahan jersey akan lebih mahal daripada bahan spandek.
Jika anda ingin mengetahui jenis bahan lainnya yang biasanya digunakan untuk pakaian yang dijual di toko online, anda bisa membaca di Jenis-jenis Bahan Pada Pakaian Online

Demikian mengenai Perbedaan Kain Spandek dan Jersey yang mungkin bisa memberikan rferensi anda untuk menentukan pilihan baju dengan bahan yang sesuai dengan anda. Pilihlah fashion dengan cermat, terlebih dengan maraknya toko online membuta kita harus tahu jenis-jenis bahan di toko online. Salam.

Perbedaan Kain Jersey dengan Kain Spandek (Spandex) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Perempuan Modis
Diberdayakan oleh Blogger.